Baitulmaal

Badan Hukum Baitul Maal Bahtera

BAITUL MAAL BAHTERA

Lembaga Amil Zakat Infaq & Shadaqah

SK.Walikota Pekalongan

Nomor : 451.1/02711 Tgl. 29 Desember 2004

 

Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Dompet Dhuafa

SK Direktur Lembaga Amil Zakat (LAZ) Dompet Dhuafa

No. 880/DD/SK-Direktur/IX/2012

Baitul Maal Bahtera adalah Lembaga Amil Zakat sebagai divisi sosial dari KSPPS BMT Bahtera yang berfungsi untuk memudahkan dan memfasilitasi kebutuhan masyarakat muzaki dalam menyalurkan dananya (zakat/ infaq/ shodaqoh/ wakaf) kepada para mustahik secara tepat dan berdaya guna. Eksistensi Baitul Maal Bahtera diakui dengan diterbitkannya SK Walikota Pekalongan Nomor : 451.1/02711 Tgl. 29 Desember 2004.Dan telah resmi sebagai Mitra Pengelola Zakat (MPZ) Dompet Dhuafa dengan SK Direktur LAZ Dompet Dhuafa Nomor : 880/ DD/ SK-Direktur/IX/2012 tertanggal 12 September 2012.

 

Berbagai agenda tahunan dilaksanakan sebagai wujud eksistensinya dalam ikut mengurangi permasalahan kaum dhu’afa. Meski belum tersentuh semua lapisan, akan tetapi setidaknya ada tindakan nyata untuk mengarah ke tujuan tersebut. Beberapa program Baitul Maal yang telah dilaksanakan ada yang bersifat charity maupun pemberdayaan. Diantara program yang bersifat charity adalah beasiswa bagi pelajar yang tidak mampu, santunan bagi kaum dhuafa, layanan mobil peduli umat, dan lain sebagainya.

VISI MISI BAITUL MAAL BAHTERA

VISI

Menjadi Lembaga Amil Zakat pilihan ummat yang Amanah dan Profesional

 MISI

1. Berperan aktif dalam penghimpunan Zakat, Infaq dan Shodaqoh ummat serta menyalurkannya untuk kesejahteraan ummat.

2. Senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik termasuk jemput bola kepada muzakki sebagai identitas lembaga professional.

3. Melaksanakan fungsinya dengan keterbukaan dan berpegang teguh pada ketentuan Syari’ah Islam.

1. MPU (MOBIL PEDULI UMAT)

Kesehatan merupakan salah satu nikmat yang sangat penting bagi kita semua, bahkan mungkin bagi masyarakat miskin kesehatan menjadi barang yang sangat mahal.

Mendengar kata "Sakit" dan "Masuk Rumah Sakit" menjadi sesuatu yang menakutkan  bagi sebagian orang. Selain tidak memiliki biaya, sulit bagi mereka untuk mendapatkan transportasi yang gratis dan memadai untuk bisa sampai ke rumah sakit. Walaupun ada, tidak jarang yang mengeluhkan akan mahalnya biaya sewa angkutan.

Atas dasar itulah, Baitul Maal Bahtera menawarkan suatu program yang dapat meringankan duka masyarakat yang membutuhkan transportasi untuk pelayanan kesehatan, yaitu Ambulance Gratis/ Mobil Peduli Umat bagi masyarakat yang mebutuhkan. Program  Mobi Peduli Umat merupakan salah satu layanan pengantaran pasien yang akan dibawa ke klinik, rumah sakit pengantaran maupun jenazah secara gratis yang diperuntutkan bagi masyarakat kurang mampu dan membutuhkan.  

Kendaraan MOBIL PEDULI UMAT ini diharapkan bisa memberi kemudahan layanan transportasi yang layak dan optimal secara gratis bagi masyarakat.

MOBIL PEDULI UMAT bertujuan membantu meringankan beban masyarakat yang terkena musibah sakit untuk di bawa ke Klinik, Rumah Sakit, maupun mengantar Jenazah ke tempat pemakaman dan juga pertolongan untuk siaga bencana.

Sejak awal adanya program ini pada tahun 2010 Baitul Maal Bahtera sangat aktif dalam memberikan pelayanan pengantaran orang sakit dan jenazah cuma-cuma bagi masyarakat miskin di kota Pekalongan dan sekitarnya. Program ini mendapat antusias yang baik dari masyarakat dan respon yang positif dari donatur dan para muzakki. Bahkan hingga tahun 2018 ini terus berjalan dengan baik dan mengalami peningkatan. Melihat semakin banyaknya kebutuhan masyarakat akan pelayanan ambulance ini kami berencana untk menambah satu unit armada baru untuk memaksimalkan pelayanan kami kedepan.Oleh karenannya program mulia ini tidak akan pernah berjalan tanpa adanya dukungan dari masyarakat dan para donartur- donatur yang selalu mendukung disetiap program kami.

2.Program Mukena Bersih

Pakaian yang suci merupakan salah satu syarat sahnya sholat. Untuk mencapai sholat yang sah pakaian yang dipakai harus suci. Suci belum tentu bersih, dan bersih pun belum tentu suci. Dengan pakaian yang bersih dan suci sebagaimana diketahui bahwa seringkali ditemui mukena yang ada di masjid kurang terawat (bau tidak sedap dan sebagainya). Untuk mengantisipasi hal itulah Baitul Maal Bahtera mengambil langkah memberikan fasilitas mukena sekaligus perawatannya. Sebagai bentuk kepedulian Baitul Maal terhadap kebersihan sarana untuk beribadah maka dari Baitul Maal mencanangkan “Program Mukena Bersih” yang mana Baitul Maal memberikan secara cuma-cuma untuk masing-masing masjid atau musholla dengan 5 mukena dan sekaligus proses pencucian (laundry). Program ini ditujukan untuk masjid atau mushola yang menjadi alternatif tempat sholat para musafir (orang yang sedang dalam perjalanan). Adapun agenda untuk pencucian mukena yang kami target adalah sebulan dua kali. Semoga dengan adanya kerjasama ini dapat terjalin hubungan yang baik dan memberikan dampak positif terutama tersedianya fasilitas mukena bersih bagi musafir yang hendak melaksanakan sholat di masjid.

3. Program Donor Darah 

Kegiatan Donor darah merupakan kegiatan sosial yang diselenggarakan secara rutin setiap 3 bulan sekali oleh Baitul Maal Bahtera dan bekerjasama dengan Unit Transfusi Darah PMII Cabang Pekalongan. Melalui kegiatan ini kami bermaksud mengajak masyarakat luar dan karyawan KSPPS BMT BAHTERA khususnya untuk selalu membangun sikap peduli terhadap sesama melalui kegiatan donor darah.

Karyawan KSPPS BMT BAHTERA dan Masyarakat sekitar selalu menyambut baik kegiatan Donor Darah yang selalu diselenggarakan secara rutin ini Selain sebagai wadah untuk mengumpulkan stok darah bagi PMI, pastinya juga memberikan manfaat yang bisa di dapatkan bagi kesehatan tubuh seperti mengurangi resiko penyakit jantung, stroke hipertensi dan tak kalah pentingnya dengan mendonorkan darah dapat membuat tubuh lebih sehat dan bugar karena dapat mengurangi kelebihan zat besi di dalam tubuh yang berbahaya bagi kesehatan.

Kegiatan ini diselenggarakan juga sebagai upaya menumbuhkan rasa solidaritas sosial. Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan konkret kepadulian kami dalam bidang sosial kesehatan. Semoga kegiatan sosial donor darah yang diselenggarakan oleh Baitul Maal Bahtera ini bisa menjadi wadah bagi mereka membangun awareness terhadap keadaan sekitar mereka.

4.Program Beasiswa Bahtera 

Program Beasiswa Pendidikan diprioritaskan kepada siswa kurang mampu dan diutamakan yang berprestasi dan punya potensi untuk dikembangkan. Tujuan yang hendak dicapai yaitu ikut berperan serta dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membentuk generasi penerus yang berkualitas dari segi pendidikan dan memiliki akhlak mulia dan menguji keamanahan.

Beasiswa disalurkan dalam bentuk pembayaran SPP perorangan (tiap siswa) ataupun dalam bentuk subsidi operasional lembaga pendidikan.

5  Santunan & Buka Bersama Anak Yatim

Bulan ramadhan adalah bulan penuh rahmat. Pada bulan tersebut, baitul maal bahtera tidak mau ketinggalan dengan mengadakan kegiatan buka bersama dengan anak yatim sekaligus memberikan santunan kepada mereka. Santunan ini dimaksudkan agar mereka “para anak yatim” bisa menikmati indahnya lebaran.

6.Bahtera Berbagi “Lebaran”

Menjelang lebaran, Baitul Maal Bahtera me

nyalurkan dana zakat yang telah diterima kepada para mustahik zakat yang berada di sekitar kantor KSPPS BMT BAHTERA. Diantara sasaran penyaluran zakat tersebut yaitu fakir miskin yang meliputi para tukang becak dan janda – janda kurang mampu, para da’i dan ustadz (para guru ngaji), takmir masjid dan mushola, serta lembaga – lembaga pendidikan Islam seperti Madrasah Diniyyah dan TPQ. Penyaluran zakat menjelang lebaran ini diharapkan agar mereka “para mustahik” bisa ikut merasakan bahagia merayakan hari raya “Idul Fitri”.

7.Bantuan Renovasi Tempat Ibadah & Lembaga Pendidikan

Program ini ditujukan kepada masjid dan mushola ataupun lembaga pendidikan Islam seperti Madrasah Diniyah dan TPQ yang sedang membangun atau merenovasi gedungnya. Program ini antara lain bertujuan untuk membantu kelancaran kegiatan belajar mengajar atau kegiatan ibadah lainnya.

8.Tabur Hewan Qurban

Tabur hewan qurban dilaksanakan setiap lebaran Idul Adha di wilayah tertentu yang tepat untuk kegiatan qurban. Dimana masyarakat desa yang bersangkutan memiliki kriteria tertentu seperti  sebagian besar masyarakat termasuk kaum dhu’afa yang jarang makan daging qurban,  masyarakat yang kurang sadar untuk berqurban, tergolong masyarakat minus ataupun desa yang rawan kristenisasi.

9.Santunan Sepuluh Muharam

            Sebagai wujud nyata memuliakan bulan muharam dan kepeduliannya terhadap anak yatim untuk menyambut “HARI RAYA ANAK YATIM” BAITUL MAAL BAHTERA mengadakan santunan 10 Muharom. Santunan juga diperuntukkan bagi para yatim disekitar lokasi kantor KPPS BMT Bahtera dan beberapa wilayah yang tergolong pelosok dan kurang mampu dimana dilokasi tersebut juga terdapat banyak anak-anak yatim. Bentuk acara : Santunan, pengajian dan do’a bersama.

10. KHITAN MASSAL

            Khitan merupakan salah satu kesunahan dalam Islam, bahkan sangat dianjurkan dari segi kesehatan. Khitanan yang dilaksanakan secara masal, sangat membantu menyemarakkan syi’ar Islam. Program ini dilaksanakan dua tahun sekali, dengan mengambil waktu sesuai dengan liburan sekolah.

11.Kajian rutin “Siswa Binaan Bahtera” (Jum’at awal bulan)

            Sebagai follow up dari pemberian beasiswa siswa binaan, perlu dikembangkan silaturahmi antar siswa binaan, sehingga terjalin hubungan harmonis dan berkesinambungan diantara mereka. Dalam kajian ini disampaikan materi pengetahuan baik bersifat umum ataupun keagamaan. Kajian rutin siswa binaan bahtera juga ditujukan sebagai cikal bakal terbentuknya yayasan Bahtera yang menaungi yatim piatu dan atau fakir miskinselain itu untuk tetep menunjang dan memantau prestasi dari para siswa didik binaan kami.

12. Milad (baksos, bazar, pengobatan gratis, donor darah)

            Sebagai wujud syukur atas eksistensinya, pada saat milad, BAITUL MAAL BAHTERA mengadakan even sosial berupa baksos, bazar, pengobatan gratis dan donor darah sebagai wujud kepedulian BMT Bahtera kepada umat, terutama mereka yang masih membutuhkan uluran tangan dari para dermawan.

13. Pelatihan Pulasara Jenazah (khusus untuk pria)

Program ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan mengenai masalah pulasara jenazah kepada masyarakat tentang arti pentingnya pulasara jenazah dan diharapkan ke depan masyarakat bisa mengamalkan dan mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Program Perahu
(Penumbuhan Wira Usaha Baru)

Di masyarakat banyak kita jumpai masyarakat yang hidup dalam keterbatasan, memiliki potensi dan kemampuan usaha untuk dikembangkan, namun tidak ada dorongan motivasi untuk memulai suatu usaha, atau timbul keberanian memulai usaha namun terbentur pada modal yang tidak ada.

Sementara itu Pemberian pembiayaan tanpa disertai pendampingan justru akan menjadi suatu bantuan yang kontraproduktif.

Program penumbuhan Wira Usaha baru (PERAHU) merupakan kegiatan penjaringan dan penilian ide-ide bisnis oleh Baitul Maal bahtera, terhadap para calon pelaku usaha baru yang telah membuat rencana usaha secara matang dan implementatif.

Syarat Utama Menjadi Peserta “PERAHU”

Muslim Taat
Mustahiq dan mau bekerja keras untuk memulai usaha secara matang dan implementatif
Mengajukan proposal dan lokasi verifikasi
Bersedia di dampingi dan ikut pendampngan selama 12 bulan
Akan mendapat modal usaha maksimal 2 juta rupiah


Program PERAHU dimaksudkan untuk menumbuhkan para pengusaha baru dengan bimbingan dan bantuan modal dari Baitul Maal Bahtera. Program ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang ditujukan kepada mereka yang masuk dalam kategori mustahik zakat dan mempunyai kemampuan untuk mengembangkan usaha namun tidak memiliki modal.
Pembiayaan Qardhul Hasan

Pembiayaan qardhul hasan adalah pembiayaan kebajikan dimana jika seseorang meminjam sejumlah uang, maka si peminjam mengembalikan pinjaman sejumlah uang pinjaman yang diterimanya. Pembiayaan Qardul Hasan ini diberikan kepada mereka yang membutuhkan pinjaman terutama bersifat sosial kemanusiaan.

Prioritas kepada pedagang mikro dipasar-pasar yang rata-rata masih terjerat dengan sistem rentenir (bank titil). Pola dengan sistem membentuk kelompok cluster (satu pintu).

Fundraising

Menginventarisir data muzakki dan calon muzakki dan menindaklanjuti dengan silaturahmi secara langsung.
Menempatkan kotak amal disetiap kantor unit dan pelayanan.
Menerapkan infaq sebesar 0,1 % dari plafon pembiayaan kepada nasabah pembiayaan (kwitansi terpisah/mohom masukan).
Mengelola zakat penghasilan karyawan yang diambil secara langsung 2,5% dari gaji pokok karyawan setiap bulannya.
Mengelola zakat perusahaan (KSPPS BMT Bahtera) yang dikeluarkan setiap tahunnya.
Menjalin kerjasama dengan lembaga lain dalam mengelola dana ZIS.
Membuat alternatif Usaha produktif untuk menopang program kerja.
Rencana pengembangan dari penawaran “Wakaf Uang”


Layanan Baitul Maal

Program Channelling Zakat
Jemput bola zakat, infaq, shodaqah dan wakaf.
Transfer Zakat

Bank Muammalat : 511 002 8314 A.n Baitul Maal Bahtera

BNI Syari’ah : 666 7171 667 A.n Baitul Maal Bahtera

Bahtera Mobile : 001.205.0005780 A.n Ahmad Munasir

Layanan Autodebet, pemindahbukukan otomatis ke rekening ZIS yang ada di tiap kantor Cabang KSPPS BMT Bahtera sesuai kesepakatan muzaki dan Baitul Maal Bahtera.

 

   : 666 7171 667 a.n Baitul Maal Bahtera 

 : 511 002 8314 a.n Baitul Maal Bahtera

   : 001.205.0005780 a.n Ahmad Munasir 

Hubungi Kami

Jl. dr. Sutomo Mega Grosir MM Blok A 10 Pekalongan.
(0285) 423134 (hunting)
(0285) 4416400
This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

WA 0816100009 Kantor Cabang

Menu